Kamis, 15 Mei 2008

Ubahlah Dunia Mulai dari Mengubah Diri Anda Sendiri

Kita seringkali mengharap dunia untuk berubah, para pemimpin berubah, pemerintahan berubah, masyarakat berubah, keluarga berubah,orang lain berubah ...tetapi sudahkah kita merubah diri kita sendiri? Kita tak akan mampu merubah orang lain jika kita sendiri tak mampu merubah diri kita sendiri. Dan sesungguhnya perubahan yang kita harapkan diawali dari berubahnya diri kita terlebih dahulu.

Seorang atasan menginginkan para bawahannya menjadi disiplin, dan itu tidak akan terjadi jika dia sendiri bukan orang yang disiplin. Sebuah perilaku teladan dari seorang atasan yang disiplin mampu mempengaruhi orang lain / bawahannya untuk mengikuti dan menjadi "sungkan" yang selanjutnya otomatis berubah menjadi displin.

Seorang Leader menginginkan teamnya mempunyai semangat dan etos kerja yang luar biasa, tetapi jika dirinya tidak mempunyai etos dan semangat kerja maka mustahil sebuah the winning team bisa tercipta.

Seorang sales yang berhasil dalam penjualannya, pasti menjadi pemicu bagi rekan-rekan sales yang lain untuk sukses menjual. Mengapa perubahan yang positif dari seseorang bisa mempengaruhi orang lain pula untuk berubah?

Di dalam diri manusia, ada sebuah ruh yang sempurna. Semua manusia mempunyai sebuah bentuk fitrah di dalam dirinya. Dengan adanya fitrah ruh dari Sang Pencipta maka manusia sudah pasti akan mengejar dan mencari sebuah kesempurnaan atau apa yang dianggap sempurna olehnya.

Melihat orang lain berubah menjadi lebih baik, melihat orang lain berprestasi lebih baik, maka fitrah di dalam seseorang akan tergerak untuk mengejar apa yang dianggapnya kesempurnaan. Prestasi adalah kesempurnaan, kekayaan juga bisa dianggap sebagai kesempurnaan,intinya sesuatu yang positif sudah pasti dianggap sebagai kesempurnaan dan orang pasti selalu mengejarnya walaupun masih jauh dari kesempurnaan hidup yang sesungguhnya.

Karena di dalam setiap diri ada fitrah, dan fitrah pasti menggerakkan setiap diri untuk mengejar apa yang dianggapnya sempurna, maka perubahan harus dimulai dari diri kita sendiri. Pada saat diri kita mampu berubah ke arah yg lebih baik, pasti dengan sendirinya orang lain akan mengikutinya. Demikian juga jika ada orang lain berubah ke arah yang lebih baik pasti diri kita juga akan terpengaruh olehnya.

Bagaimana anda bisa berubah? Banyak cara untuk membantu anda berubah, karena pikiran anda bisa anda sugesti sendiri untuk berubah. Anda bisa berubah dengan meniru tokoh ideal anda, panutan anda, anda bisa menghypnosis diri anda dengan sugesti-sugesti yang tepat untuk anda. Anda bisa memanipulasi body language anda dengan gerakan-gerakan optimis sehingga semua enzim optimis yang keluar dan mempengaruhi chemistry anda.

Perubahan harus diawali dari berubahnya diri anda sendiri. Perubahan adalah kerja, perubahan adalah aktivitas, baik aktivitas pikiran, aktivitas batin maupun fisik. Dengan perubahan doa akan menjadi nyata, perubahan adalah langkah-langkah untuk merealisasikan doa-doa anda.

Tidak ada komentar: